Selasa, 23 April 2013

Blog Kelas 4D

1. Pengembangan IPA SD
2. Nur Aprilia Wijayanti
3. Indra Riaunita
4. Meizega Truesmara Sagidda
5. Anindya Roosilawati

Taksonomi Bloom (Kata Kerja Operasional)


Taksonomi Bloom (Kata Kerja Operasional)
Kata Kerja Operasional untuk pengembangan Indikator Silabus dan RPP berdasarkan taksonomi Bloom dibagi dalam beberapa pencapaian kompetensi dasar, KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.
Taksonomi Bloom pertama kali disusun oleh Benjamin S. Bloom pada tahun 1956. Dalam hal ini, tujuan pendidikan dibagi menjadi beberapa domain (ranah, kawasan) dan setiap domain tersebut dibagi kembali ke dalam pembagian yang lebih rinci berdasarkan hirarkinya.
Tujuan pendidikan dibagi ke dalam tiga domain, yaitu:
1.      Cognitive Domain (Ranah Kognitif), yang berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berpikir.
2.      Affective Domain (Ranah Afektif) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat, sikap, apresiasi, dan cara penyesuaian diri.
3.      Psychomotor Domain (Ranah Psikomotor) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin.
Daftar kata kerja operasional dengan tiga ranah yang biasa dipergunakan untuk menyusun indikator.
A.  Ranah  Kognitif
Indikator kognitif proses merupakan perilaku (behavior) siswa yang diharapkan muncul setelah melakukan serangkaian kegiatan untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Perilaku ini sejalan dengan keterampilan proses sains, tetapi yang karakteristiknya untuk mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Indikator kognitif produk berkaitan dengan perilaku siswa yang diharapkan tumbuh untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Indikator kognitif produk disusun dengan menggunakan kata kerja operasional (terlampir) aspek kognitif. Obyek dari indicator adalah produk IPA misalnya konsep, hukum, kaidah dll.
1.      Pengetahuan (C1) : Mengutip, Menyebutkan, Menjelaskan, Menggambar, Membilang, Mengidentifikasi, Mendaftar, Menunjukkan, Memberi label, Memberi indeks, Memasangkan, Menamai, Menandai, Membaca, Menyadari, Menghafal, Meniru, Mencatat, Mengulang, Mereproduksi, Meninjau, Memilih, Menyatakan, Mempelajari, Mentabulasi, Memberi kode, Menelusuri, Menulis
2.      Pemahaman (C2) : Memperkirakan, Menjelaskan, Mengkategorikan, Mencirikan, Merinci, Mengasosiasikan, Membandingkan, Menghitung, Mengkontraskan, Mengubah, Mempertahankan, Menguraikan, Menjalin, Membedakan, Mendiskusikan, Menggali, Mencontohkan, Menerangkan, Mengemukakan, Mempolakan, Memperluas, Menyimpulkan, Meramalkan, Merangkum, Menjabarkan
3.      Penerapan (C3) : Menugaskan, Mengurutkan, Menerapkan, Menyesuaikan, Mengkalkulasi, Memodifikasi, Mengklasifikasi, Menghitung, Membangun , Membiasakan, Mencegah, Menentukan, Menggambarkan, Menggunakan, Menilai, Melatih, Menggali, Mengemukakan, Mengadaptasi, Menyelidiki, Mengoperasikan, Mempersoalkan, Mengkonsepkan, Melaksanakan, Meramalkan, Memproduksi, Memproses, Mengaitkan, Menyusun, Mensimulasikan, Memecahkan, Melakukan, Mentabulasi, Memproses, Meramalkan
4.      Analisis (C4) : Menganalisis, Mengaudit, Memecahkan, Menegaskan, Mendeteksi, Mendiagnosis, Menyeleksi, Merinci, Menominasikan, Mendiagramkan, Megkorelasikan, Merasionalkan, Menguji, Mencerahkan, Menjelajah, Membagankan, Menyimpulkan, Menemukan, Menelaah, Memaksimalkan, Memerintahkan, Mengedit, Mengaitkan, Memilih, Mengukur, Melatih, Mentransfer
5.      Sintesis (C5) :  Mengabstraksi, Mengatur, Menganimasi, Mengumpulkan, Mengkategorikan, Mengkode, Mengombinasikan, Menyusun, Mengarang, Membangun, Menanggulangi, Menghubungkan, Menciptakan, Mengkreasikan, Mengoreksi, Merancang, Merencanakan, Mendikte, Meningkatkan, Memperjelas, Memfasilitasi, Membentuk, Merumuskan, Menggeneralisasi, Menggabungkan, Memadukan, Membatas, Mereparasi, Menampilkan, Menyiapkan Memproduksi, Merangkum, Merekonstruksi
6.      Penerapan (C6) : Membandingkan, Menyimpulkan, Menilai, Mengarahkan, Mengkritik, Menimbang, Memutuskan, Memisahkan, Memprediksi, Memperjelas, Menugaskan, Menafsirkan, Mempertahankan, Memerinci, Mengukur, Merangkum, Membuktikan, Memvalidasi, Mengetes, Mendukung, Memilih, Memproyeksikan
B.  Ranah  Afektif
Indikator afektif merupakan sikap yang diharapkan saat dan setelah siswa melakukan serangkaian kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran IPA, indicator afektif berkaitan dengan salah satu hakekat IPA yaitu sikap ilmiah. Oleh karena itu, indicator afektif disusun dengan menggunakan kata kerja operasional dengan objek sikap ilmiah. Beberapa contoh sikap ilmiah adalah: berlaku jujur, peduli, tanggungjawab dll. Selain itu, indicator Afektif juga perlu memunculkan keterampilan social misalnya: bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dll.
1.      Menerima : Memilih, Mempertanyakan, Mengikuti, Memberi, Menganut, Mematuhi, Meminati
2.      Menanggapi : Menjawab, Membantu, Mengajukan, Mengompromika, Menyenangi, Menyambut, Mendukung, Menyetujui, Menampilkan, Melaporkan, Memilih, Mengatakan, Memilah, Menolak
3.      Menilai : Mengasumsikan, Meyakini, Melengkapi, Meyakinkan, Memperjelas, Memprakarsai, Mengimani, Mengundang, Menggabungkan, Mengusulkan, Menekankan, Menyumbang
4.      Mengelola : Menganut, Mengubah, Menata, Mengklasifikasikan, Mengombinasikan, Mempertahankan, Membangun, Membentuk pendapat, Memadukan, Mengelola, Menegosiasi, Merembuk
5.      Menghayati : Mengubah perilaku, Berakhlak mulia, Mempengaruhi, Mendengarkan, Mengkualifikasi, Melayani, Menunjukkan, Membuktikan, Memecahkan
C.  Ranah  Psikomotor
Indikator psikomotorik merupakan perilaku (behavior) siswa yang diharapkan tampak setelah siswa mengikuti pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Selama proses pembelajaran IPA, diperlukan kegiatan yang berkaitan dengan percobaan, penemuan atau pembuktian konsep. Kegiatan ini melibatkan aktivitas fisik, misalnya merangkai, mengukur, membuat, dll.
1.      Menirukan (P1): Mengaktifkan, Menyesuaikan, Menggabungkan, Melamar, Mengatur, Mengumpulkan, Menimbang, Memperkecil, Membangun, Mengubah, Membersihkan, Memposisikan, Mengonstruksi
2.      Memanipulasi (P2): Mengoreksi, Mendemonstrasikan, Merancang, Memilah, Melatih, Memperbaiki, Mengidentifikasikan, Mengisi, Menempatkan, Membuat, Memanipulasi, Mereparasi, Mencampur
3.      Pengalamiahan (P3): Mengalihkan, Menggantikan, Memutar, Mengirim, Memindahkan, Mendorong, Menarik, Memproduksi, Mencampur, Mengoperasikan, Mengemas, Membungkus
4.      Artikulasi (P4): Mengalihkan, Mempertajam, Membentuk, Memadankan, Menggunakan, Memulai, Menyetir, Menjeniskan, Menempel, Menseketsa, Melonggarkan, Menimbang
Contoh penggunaan Kata Kerja Operasional dalam pengembangan silabus RPP
Dalam menyusun indikator, yang perlu bapak ibu petakan adalah konsep berpikir siswa dari yang mudah ke sukar, teori ke praktik, dan seterusnya. Yang terpenting adalah Bapak ibu dalam menyusun kata kerja operasional harus runut dan berjenjang seperti contoh.

Contoh Promes


PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN        :       Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER      :       II (dua) I
Standar Kompetensi          :       1.     Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
Tema                                     :       Hewan dan Tumbuhan

MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.1. Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
-   Menyebutkan bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, ikan).
-    Menjelaskan kegunaan bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, ikan berdasarkan hasil pengamatan.

5 jp





























-   Menggambar secara sederhana dan menamai bagian-bagian utama tubuh hewan.
-    Menirukan berbagai suara hewan yang ada di lingkungan sekitarnya
-           Memperagakan cara hewan bergerak berda-sarkan pengamatan. Misalnya : menggunakan kaki, perut, sayap (terbang), dan sirip.

2 jp





























Tema : Kegemaran
-   Menunjukkan bagian utama tumbuhan (akar, batang, daun, bunga dan buah/biji) berdasarkan hasil pengamatan.
-   Menggambar bagian utama tumbuhan secara sederhana.

3 JP




























Uji Kompetensi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP






























                    Mengetahui,                     ………………………, 20…….
                    Kepala Sekolah SD/MI                    Guru Kelas / Guru MP



                    …………………………..                    ……………………………
                    NIP.                     NIP.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…


MATA PELAJARAN        :       Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER      :       II (dua) I
Standar Kompetensi          :       1.     Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
Tema                                     :       Rekreasi

MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN


Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1,2 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman).
-   Menceritakan perubahan-perubahan yang dialami hewan dalam ukuran pada saat tumbuh berdasarkan hasil pengamatan.
-   Mewarnai gambar pertumbuhan hewan. Misalnya : anak ayam menjadi ayam dewasa.
-   Menanam biji dan mengamati pertumbuhannya.
-    Menceritakan perubahan yang terjadi pada biji-bijian yang ditanam.

9 JP




























Uji Kompetensi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP






























                    Mengetahui,                     ………………………, 20…….
                    Kepala Sekolah SD/MI                    Guru Kelas / Guru MP



                    …………………………..                    ……………………………
                    NIP.                     NIP.


PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN        :       Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER      :       II (dua) I
Standar Kompetensi          :       1.     Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
Tema                                     :       Lingkungan

MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.3. Mengidentifikasi berbagai tempat makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya).
-   Menunjukkan tempat hidup makhluk tertentu.
-   Menjelaskan hewan yang hidup di darat.
-   Menjelaskan hewan yang hidup di air.
-   Memberi contoh tumbuhan yang hidup di darat.
-   Memberi contoh tumbuhan yang hidup di air.
-    Memberi contoh tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain.

6 JP




























Uji Kompetensi
2JP




























Remedial
2JP




























Pengayaan
2 JP





























                    Mengetahui,                     ………………………, 20…….
                    Kepala Sekolah SD/MI                    Guru Kelas / Guru MP



                    …………………………..                    ……………………………
                    NIP.                     NIP.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN        :       Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER      :       II (dua) I
Standar Kompetensi          :       1.     Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
Tema                                     :       Kebersihan dan Kesehatan

MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.4. Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan mem-bahayakan.
-   Memberi contoh berbagai hewan yang menguntungkan dan membahayakan.
-   Memberi contoh berbagai hewan yang merugikan bagi manusia.
-   Memberi contoh berbagai tumbuhan di sekitar yang berguna bagi manusia.

6 JP




























Uji Kompetensi
2JP




























Remedial
2JP




























Pengayaan
2JP





























                    Mengetahui,                     ………………………, 20…….
                    Kepala Sekolah SD/MI                    Guru Kelas / Guru MP



                    …………………………..                    ……………………………
                    NIP.                     NIP.